Kendaraaan
akan mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian
efisiensi panas itu dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panas
yang tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.
Sitem
pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin
didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air. Mesin
mobil kebanyakan menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem
pendinginan air lebih rumit, tetapi...
mempunyai
banyak keuntungan , Karena ruang bakar diselimuti oleh air yang berada di water
jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi sebagai peredam bunyi
Kontruksi
sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas
radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya.
Komponen –
Komponen Sistem Pendinginan dan Fungsinya
Water Jacket
Jika mesin
dibelah maka akan terlihat ada ruang-ruangan seperti saluran air yang
menyelimuti ruang bakar dan komponen di sekitarnaya. Saluran itu adalah tempat
bersirkulasinya air pendingin di dalam mesin.
Thermostat
Thermostat
seperti katup otomatis yang mengatur masuk atau tidaknya air pendingin masuk ke
radiator. Cara kerjanya jika air pendingin yang berada di water jacket masih
dingin maka thermostat tidak akan membuka saluran ke radiator karena uap yang
dari panasnya tidak mempu untuk membuka katup thermostat maka air pendingin itu
akan kembali untuk bersirkulasi di dalam mesin melalui saluran by pass.
Thermostat akan membuka kira-kira ketika temperatur air pendingin antar 80 –
900C (176 – 1940F).
Radiator
Ketika
Thermostat membuka karena temperatur air pendinginnya telah panas maka air
pendingin itu harus segera didinginkan. Komponen nya adalah radiator.
Bagian-bagian radiator adalah ada reservoir(tangki cadangan), tutup radiator,
radiator bagian atas,inti radiator, dan radiator bagian bawah
Reservoir
(tangki cadangan) berfungsi sebagai tangki cadangan bila air pada radiator
berlebihan.
Inti
tadiator terdiri dari sirip-sirip tempat saluran air pendingin yang nantinya
akan dipercepat pendinginan nya oleh kipas radiator.
Jika air
pendingin telah didinginkan oleh inti radiator dibantu dengan kipas radiator
maka ai pendingin itu akan masuk ke radiator bagian bawah yang nantinya akan
masuk ke mesin untuk bersirkulasi di dalam mesin di water jacket.
Air
pendingin masuk ke radiator ataupun keluar dari radiator menuju mesin di
hubungkan oleh selang radiator yang tahan panas.
Kipas
Radiator dan Pompa Air
Berfungsi
untuk mempecepat proses pendinginan air pendingin yang telah panas. Kipas
radiator ada yang digerakkan secara mekanik oleh poros engkol dan ada pula yang
digerakkan oleh motor listrik yang menempel di kipas radiator itu.Sedangkan
untuk mempercepat bersirkulasinya air pendingin di dalam mesin maka pompa air
lah yang mempercepat sirkulasinya.
CARA KERJA
SISTEM PENDINGINAN
Air
pendingin bersirkulasi di water jacket untuk mendinginkan mesin yang panas itu.
Ketika air pendingin telah panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator
setelah melalui thermostat yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang
panas itu akan didinginkan oleh kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan
ketika proses pendinginan telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk
mendinginkan mesin. Pompa air mempercepat proses pendinginan itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar